Home » » Sedikit Cerita Tentang Per-Blog an

Sedikit Cerita Tentang Per-Blog an

Posted by CB Blogger

Sejarah Blogger Blogspot


Blogger atau yang sekarang disebut Blogspot sudah tidak asing lagi di kalangan blogger. Penyedia layanan blog gratisan ini adalah perusahaan besar yang menyaingi Wordpress sehingga bisa dibilang merupakan penyedia blog gratisan nomor satu paling laris di dunia. Berikut sejarah Blogger:

Blogger sebenarnya adalah sebuah sistem publikasi blog (blog publishing system) yang pada awalnya dibuat oleh Pyra Labs pada tanggal 23 Agustus 1999 dan merupakan sebuah dedicated blog-publishing tool pertama kali yang diperuntukkan untuk membantu mempopulerkan format tersebut.

Pada bulan Februari2003, dikarenakan kepopulerannya, akhirnya Pyra Labs diakuisisi oleh Google. Akuisisi ini memnyebabkan fitur premium yang sebelumnya dikenakan biaya, kemudian berubah gratis.

Pada tahun 2004, Google mengenalkan layanan barunya “Picasa”, yaitu sebuah aplikasi untuk mengorganisir dan mengedit foto digital. Layanan ini kemudian diintergrasikan dengan utility sharing foto Hello ke dalam layanan Blogger, sehingga memungkinkan seorang pengguna Blogger untuk memposting foto-foto mereka ke dalam blog yang dibuatnya.

Pada tanggal 9 Mei 2004, “Blogger” mendesain ulang tampilan utamanya, berbagai perubahan dilakukan di dalam Blogger dengan menambahkan berbagai fitur seperti web standards-compliant template, halaman arsip individu untuk posting, komentar dan posting menggunankan email.

Pada tanggal 14 Agustus2006, “Blogger” meluncurkan rilis terbaru dalam “versi beta” dengan kode “invader”, bersamaan dengan rilis versi Gold. Ini membuat berpindahnya pengguna Blogger ke server Google dan disertai dengan ditambahkannya beberapa “fitur baru” di dalamnya.

Dalam bulan Desember 2006, akhirnya versi terbaru Blogger tersebut tidak lagi dalam “versi beta” dan dalam “bulan Mei 2007″, Blogger telah benar-benar berpindah ke server Google
Dan Sampai saat ini tahun 2010 BLOGGER semakin Keren Dengan tambahan gadgetnya dan BLOGGER DRAFTnya yang bisa edit template langsung.
Anda sudah buat blog di blogspot ?? Hari gini belom pake blogspot wah ketinggalan tuh oppie aja sudah nernak blog heheeee.....

Sejarah Wordpress


WordPress dimulai pada tahun 2003 dengan bit kode tunggal untuk meningkatkan tipografi penulisan setiap hari yang mana beberapa orang yang suka menulis masih dapat dihitung dengan jari. Sejak saat itu, wordpress telah tumbuh menjadi alat blog hosting pribadi (self-hosted blogging) terbesar didunia. Telah digunakan ratusan ribu pemakai dan dilihat oleh 10 juta orang per harinya.

Kamu bisa melihat tentang wordpress ini, dari dokumentasi nya untuk kode-kode wordpress, yang telah diciptakan oleh dan untuk komunitas bersama. WordPress adalah proyek terbuka (open source), ada ratusan orang dari seluruh dunia yang bekerja didalamnya. Itu semua berarti program bebas (tidak di pungut biaya) bagi siapapun yang menggunakannya.

Tentang wordpress.org
Pada bagian ini, kita semua dapat men download dan meng install software-software (dalam bentuk script) dari wordpress untuk melakukannya, kita semua membutuhkan web hosting / web host yang memenuhi persyaratan minimum serta sedikit waktu. WordPress memiliki kemudahan dalam hal pengaturan dan dapat digunakan dihampir semua web hosting. Disediakan pula blog dalam berbagai variasi dengan berbagai kemudahannya dibandingkan situs biasa.

Cerita singkat wordpress
WordPress lahir dengan keinginan untuk tampil elegant / baru. Well-architectured / system yang dirancang berbasiskan PHP dan MySQL. WordPress adalah program yang baru, tetapi dasar dan pengembangannya tetap seperti tahun 2001. WordPress merupakan produk yang mantap dan stabil. Para pengembang wordpress berharap bahwa dengan mengutamakan kepuasan para pemakai, dan menjaga standar yang baik, maka mereka dapat menciptakan suatu produk / program yang berbeda dari yang lain dimanapun.

Tahun 2005 adalah tahun yang sangat baik bagi wordpress. Pada tahun itu telah diluncurkan versi 1.5 yang mana telah di download lebih dari 900.000 kali. Keberadaan wordpress terus berkembang untuk melakukan perluasan pemasaran. Akhirnya versi 2.0 yang merupakan versi terbaru wordpress diluncurkan (masih digunakan sampai saat ini 2010).

Sejarah Drupal

Dries Buytaert, (lahir di Belgia, 19 Nopember 1978), PhD dalam Ilmu Komputer pada 27 Januari 2008 pada Universitas Ghent, membangun Drupal hampir tanpa sengaja yang dimulai sekitar tahun 1998 dan 1999.

Saat belajar di kampus dengan kawan-kawannya, Dries belajar dengan menggunakan internet nirkabel. Bersama-sama mereka mencoba membangun jaringan lokal (Local Area Network, LAN). Karena dibutuhkan banyaknya komunikasi dan pertukaran informasi dalam proyek LAN tersebut, Dries memutuskan untuk membuat aplikasi Forum Diskusi. "Forum Diskusi" ini bisa diakses lewat LAN mereka dan setelah Dries lulus, diputuskannya untuk memindahkan "Forum Diskusi" tadi ke internet dengan sebuah situs.

Awalnya Dries ingin mendaftarkan situs dalam Bahasa Belanda "Dorpje" yang berarti "desa kecil". Saat mendaftarkan domain Dries salah mengetikkan domain dan mengisinya dengan "Drop", bukan Dorpje seperti yang diinginkan sebelumnya. Tapi kemudian dia mempertahankan nama tersebut karena belum ada yang memiliki. Jadi situs internet pertama yang menggunakan versi online Drupal adalah Drop.org.

Sekitar satu tahun kemudian, sekitar tahun 2000 atau 2001, Dries mendapatkan banyak ide dan fitur baru dari orang lain yang tertarik dengan "Papan Pesan" buatannya itu. Dries kemudian melakukan penelitian pada pasokan RSS, Moderasi Konten dan teknologi internet lain.

Saat ketertarikan pada softwarenya berkembang, permintaan akan fitur baru juga bertambah. Dries memutuskan softwarenya menjadi open source supaya komunitas bisa bereksperimen sendiri dengan software tersebut, dan dia tetap memiliki waktu sendiri dalam eksperimen dan pengembangan. Saat itulah kemudian "Papan Diskusi"nya menjadi Software Open Source "Drupal". Drupal sendiri merupakan produk dari beberapa kejadian yang tidak diduga.

Salah satu kejadian tersebut berhubungan dengan situs Kerneltrap.org yang dikelola Jeremy Andrews. Dries mengirimi Jeremy email dan menyarankannya menggunakan Drupal pada situsnya. Keduanya kemudian bekerja sama untuk menangani lonjakan trafik internet yang tak terduga. Dari hasil kolaborasi tersebut, Jeremy membuat beberapa modul dan menulis beberapa artikel tentang modul Drupalnya dan cara kerja Drupal. Dia fokus pada karakteristik teknis Drupal. Inilah yang kemudian membawa banyak ketertarikan komunitas internet atas Drupal.

Drupal terus berkembang dan Drupal.org, situs utama Drupal yang kini memiliki lebih dari 350.000 anggota, menyediakan dukungan dan dokumentasi untuk implementasi Drupal. Jutaan salinan software ini sudah diunduh sejak dirilis. Drupal.org didaftarkan pada tanggal 26 April 2001.



Lihat Juga negeriads.com solusi berpromosi


3 comments:

  1. klo memmikirna pusing jg yah....

    ReplyDelete
  2. saya ini pengguna blogspot juga... tapi menurut teman2 mana yg lebih baik digunakan blogspot.com atau wordpress.com?

    blog saya ada di
    http://semarket.blogspot.com
    http://tangdavid-tang.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. nernakkk blog?????? nernak entoug urang mah percaya tahh wkwkwkwkwwk

    ReplyDelete

Thanks dah berkunjung dan berbaik hati memberikan komentarnya.. dan jangan bikin namenya dengan ANONYMOUS karana oppie akan berkunjung balik sekedar mencari persahabatan .... ops jangan spam yah kalau spam saya delet thanks